Tingkatkan Kualitas Guru, Pemerintah Terapkan PKG

Written By Unknown on Minggu, 21 Oktober 2012 | 18.27

INILAH.COM, Bandung - Peningkatan kualitas guru dirasa penting, terlebih dalam hal mencerdaskan siswa. Untuk itu mulai 2013 pemerintah akan menerapkan sistem penilaian kinerja guru (PKG) di setiap sekolah.

"Dengan diberlakukannya PKG mulai 2013, para guru harus mulai siap dengan tuntutan yang harus dilaksanakan sesuai kewajibannya. Jadi tidak ada kata malas bagi mereka, karena kinerjanya di sekolah akan dinilai," kata Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kota Bandung Een Sobandi di sela-sela acara Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika di SMPN 2 Kota Bandung, Sabtu (20/10/2012).

Een mengatakan penilaian ini nantinya akan dilaksanakan di setiap sekolah dengan melibatkan kepala sekolah serta guru senior setempat. Selain itu, laporan PKG tersebut, akan dievaluasi tiap tahunnya.

Namun jika nilai PKG jelek, guru yang bersangkutan haruslah ikut penilaian kerja berkelanjutan (PKB). "PKB tersebut, nantinya akan berupa diklat, workshop. Dan peserta PKG dituntut menemukan teknologi atau cara yang tepat guna untuk pembelajaran siswa," ucapnya.

Dia berharap melalui PKG kinerja guru akan meningkat, serta menghasilkan guru yang profesional seta berkualitas. Menurutnya, PKG ini diterapkan karena berdasarkan penelitian di lapangan, ternyata guru yang telah mengikuti Pelatihan profesi guru (PLPG) atau yang telah bersertifikasi tidak menjamin akan peningkatan mutu pendidikan Oleh karena itu, diterapkannya PKG, untuk mengontrol kinerja guru.

Selain itu, PKG dijadwalkan akan berlaku secara efektif mulai 1 Januari 2013 sebagaimana Permendiknas 35/2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Di tempat yang sama, Ketua MGMP Matematika SMP Kota Bandung Elin Karlina menjelaskan MGMP Matematika ini dilakukan untuk mempersiapkan diri dengan adanya PKG. "Hal tersebut dilakukan Agar para guru khususnya guru Matematika di kota Bandung ini, memahami tentang PKG serta mengetahui instrumen apa saja untuk dipersipakan di PKG tersebut," paparnya.

Hadirnya PKG tersebut, dapat mendorong para guru untuk bekerja sesuai tuntutan profesinya sebagai guru terlebih dengan tidak meninggalkan siswa disaat jam pelajaran.

"Maka dari itu MGMP Matematika akan berupaya untuk mebantu meningkatkan prifesionalisme guru. Serta akan membicarakan permasalahan yg dihadapi guru untuk mencari solusi supaya guru bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi," terangnya.[jul]


Anda sedang membaca artikel tentang

Tingkatkan Kualitas Guru, Pemerintah Terapkan PKG

Dengan url

http://pendidikanseo.blogspot.com/2012/10/tingkatkan-kualitas-guru-pemerintah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tingkatkan Kualitas Guru, Pemerintah Terapkan PKG

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tingkatkan Kualitas Guru, Pemerintah Terapkan PKG

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger