Kopertis Desak Pemerintah Realisasikan LAM

Written By Unknown on Minggu, 21 Oktober 2012 | 18.27

INILAH.COM, Bandung - Munculnya wacana akan dibentuknya Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) oleh pemerintah, mendapatkan respons positif dari kalangan penggiat pendidikan di Perguruan Tinggi (PT).

Koordinator Kopertis Jabar-Banten Wilayah IV Abdul Hakim memperlihatkan dukungannya dengan rencana dibentuknya LAM. Bahkan dirinya mendesak supaya pemerintah segera merealisasikannya. Selain itu pihaknya juga menginginkan posisi LAM haruslah sama dengan BAN-PT.

"Dengan memiliki posisi yang sama, artinya BAN PT tidak memiliki fungsi kontrol terhadap LAM. Tapi terkait prosedur, manajemen, dan operasional LAM, harus sama persis dengan BAN PT," kata Hakim saat ditemui INILAH.COM di kantornya Jalan PHH Mustofa Kota Bandung, Sabtu (20/10/2012).

Hakim mengusulkan dengan dibentuknya LAM, sebaiknya menperoleh dukungan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). "Dengan diperolehnya dukungan dari APBN, secara otomatis pengajuan akreditasi di LAN gratis, sepertihalnya ke BAN-PT," katanya.

Sebagai tahap awal, lanjutnya, pemerintah akan membentuk 2-3 LAM. "Semoga saja hal ini segera terwujud, mengingat masih banyaknya PT yang belum terakreditasi baik institusinya maupun progam studi terlelebih di PTS," ucapnya.

Di lain pihak, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Islam UIN Bandung Enjang AS yang juga pengamat pendikan mengapresiasi atas rencana dibentuknya LAM. "Dengan adanya LAM tentunya akan menyelamatkan menyelamatkan ratusan atau bahkan ribuan program studi yang belum tuntas diakreditasi," tegasnya saat dihubungi INILAH.COM, Minggu (21/10/2012).

Menurutnya, serta dapat dipastikan pula pengeluaran ijazah yang dulunya terjegal karena belum adanya akreditasi. Melalui LAM, ijazah yang dikeluarkan dari program studi tersebut bukanlah ilegal lagi. Di sisi lain dirinya menilai akan terjadi kemunduran jika dengan berdirinya LAM tidak mendapatkan sokongan dari pemerintah. Mengingat bahwa selama ini, akreditasi yang melalui BAN-PT didanai oleh pemerintah.

"Adanya campur tangan pemerintah dalam hal membantu pembiayaan akreditasi, itu menjukkan komitmen mereka untuk membantu meningkatkan kualitas di PT," terangnya.[jul]


Anda sedang membaca artikel tentang

Kopertis Desak Pemerintah Realisasikan LAM

Dengan url

http://pendidikanseo.blogspot.com/2012/10/kopertis-desak-pemerintah-realisasikan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kopertis Desak Pemerintah Realisasikan LAM

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kopertis Desak Pemerintah Realisasikan LAM

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger