Salat Id di Kasepuhan Cirebon Digelar Dua Kali

Written By Unknown on Jumat, 26 Oktober 2012 | 18.27

INILAH.COM, Cirebon - Perayaan hari raya Idul Adha 1433 Hijriyah di Keraton Kasepuhan Cirebon, berlangsung sedikit berbeda. Berawal dari adat istiadat yang diwariskan Sunan Gunung Djati, perayaan tersebut terus dilaksanakan hingga saat ini dan sudah menjadi tradisi yang melekat di Keraon Kasepuhan Cirebon.

Sultan Sepuh Keraton Kasepuhan ke XIV, PRA Arief Natadiningrat SE mengatakan, seperti yang dilakukan tahun sebelumnya, seluruh wargi (abdi dalem) berkumpul di arum (areal terbuka di lingkungan keraton). Kemudian, mereka semua menggelar salat Idul Adha di Langgar Agung. Setelah itu, Sultan, Imam dan Khotib pindah ke Masjid Agung Sang Cipta Rasa, dan kembali melaksanakan Idul Adha.

"Pukul 05.00 WIB, para wargi sudah siap-siap berkumpul di dalem Arum. Kemudian pukul 06.00 WIB, salat Idul Adha di Langgar Agung. Sedangkan pukul 06.30 WIB, dilaksanakan solat Idul Adha di Masjid Agung," kata PRA Arief kepada INILAH.COM melalui sambungan telepon selular, Jumat (26/10/2012) siang.

Menurutnya, salat Idul Adha yang biasa digelar di langgar agung untuk para jamaah dari dalam tembok alias abdi dalem kesultanan. Dan untuk Masjid Agung, jamaahnya adalah para pengunjung penjuru Kota dan Kabupaten Cirebon, sekaligus tamu luar atau pemudik.

Yang menjadi unik adalah, sang khotib membacakan petuahnya menggunakan bahasa Arab, dan hanya berlangsung di langgar agung saja. Kebiasaan itu berlaku untuk dua hari Perayaan Besar Islam saja, yakni Hari Raya Idul Adha dan Idul Fitri. Dua kebiasaan itu tidak akan pernah ditinggalkan oleh para keluarga besar sultan kasepuhan.

"Untuk tahun ini, yang bertugas menjadi iman di langgar agung adalah Kyai Jumhur, yang juga merupakan penghulu Keraton Kasepuhan. Kemudian, yang menjadi khotib adalah Kyai Abdul Latif," pungkasnya.[ang]


Anda sedang membaca artikel tentang

Salat Id di Kasepuhan Cirebon Digelar Dua Kali

Dengan url

http://pendidikanseo.blogspot.com/2012/10/salat-id-di-kasepuhan-cirebon-digelar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Salat Id di Kasepuhan Cirebon Digelar Dua Kali

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Salat Id di Kasepuhan Cirebon Digelar Dua Kali

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger