Gempa Lembang, Inilah yang Akan Dialami Bandung

Written By Unknown on Kamis, 18 Oktober 2012 | 18.27

INILAH.COM, Bandung - Berdasarkan hasil penelitian dalam bentuk skenario gempa dengan 6,5 magnitude, Kota Bandung diperkirakan akan menelan kerugian hingga Rp4 triliun jika terjadi gempa akibat bergeraknya Sesar Lembang.

Hal tersebut diungkapkan Pakar gempa Irwan Meilano dari Pusat Penelitian Mitigasi Bencana (PPMB) ITB di sela-sela kegiatan 'Sosialisasi Pengurangan Resiko Bencana (PRB) di Sesar Lembang' yang diadakan oleh SEAMEO QITEP IN SCIENCE di Aula Pusat Pengembangan Penataran Guru Ilmu Pengetahuan Alam (PPPG IPA) Jalan Diponegoro Kota Bandung.

Irwan mengatakan kerugian Rp4 Triliun tersebut dihitung dari jumlah bangunan yang roboh atau rusak saja. "Jika gempanya 6,5 magnitude," ucapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan sekenario gempa maksimum 6,5 magnitude merupakan hasil periodisasi dari siklus gempa 400 tahunan. Penelitian ini digarap oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan ITB.

Jumlah angka kerugian tersebut merupakan hasil klasifikasi berdasarkan kualitas bangunan di Bandung Raya dengan sebaran di Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Madya Bandung, Cimahi, dan sebagian kecil Subang.

Kerusakan terbesar selain karena kualitas bangunan yang tidak tahan gempa, juga karena sebagian besar tanah di Bandung memiliki sedimen halus, sehingga rentan ketika terjadi gempa bumi. Sedangkan daerah yang terdampak paling kecil akibat gempa bumi adalah daerah yang jauh dengan sumber gempa.

Kerugian tersebut akibat pengaruh Sesar Lembang, yakni patahan gempa bumi aktif yang panjangnya antara 20 hingga 25 kilometer. Puncak sesar ini di daerah Observatorium Boscha, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Di si lain pihaknya memprediksi Sesar Lembang memberikan kontribusi terbesar terhadap gempa di Bandung. Saat ini, Sesar Lembang terus dipantau para ahli gempa yang sejak 2006 memasang pengukur seismik dan GPS.

Namun dirinya memastikan bahwa Sesar Lembang masih aktif, dan sesar sendiri setiap tahunnya bergerak enam milimeter.[ito]


Anda sedang membaca artikel tentang

Gempa Lembang, Inilah yang Akan Dialami Bandung

Dengan url

http://pendidikanseo.blogspot.com/2012/10/gempa-lembang-inilah-yang-akan-dialami.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gempa Lembang, Inilah yang Akan Dialami Bandung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gempa Lembang, Inilah yang Akan Dialami Bandung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger