Bahasa Inggris Cukup Hanya Sebagai Stimulus di SD

Written By Unknown on Kamis, 18 Oktober 2012 | 18.27

INILAH.COM, Bandung - Presiden Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Indonesia Gol A Gong berpandangan pelajaran Bahasa Inggris dalam kurikulum Sekolah Dasar (SD) lebih baik hanya sebagai stimulus dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM).

"Biarkan anak-anak itu bermain sambil belajar, jangan diberikan pelajaran yang berat-berat. Karena usia 6-12 itu adalah dunia mereka," kata Gol, saat dihubungi INILAH.COM Bandung, Kamis (18/10/2012).

Dia menyarankan mata pelajaran bahasa Inggris boleh diterapkan, asalkan tidak ada penekanan atau tuntutan kepada siswa. "Karena kalau dijadikan kurikulum, harus dipikirkan terlebih dahulu," ujarnya.

Selain itu jika memang Bahasa Inggris dijadikan kurikulum SD, diharapkan jangan sampai dijadikan penentu kelulusan. Karena jika itu digunakan sebagai penentu kelulusan, artinya itu sama halnya menekan siswa/anak.

Sementara itu, salah satu orang tua siswa, Moh Najib menolak jika mata pelajaran Bahasa Inggris untuk jenjang SD dihapus. "Jangan sampai dihapus pelajaran tersebut, karena itu penting untuk masa depan anak," ucapnya.

Di sisi lain, mereka (siswa SD) sudah cukup mampu otaknya dalam mencerna pelajaran tersebut. Jangan sampai jika hal tersebut terealisasi, menjadi penyesalan bagi para orang tua atapun siswa terlebih buat kemajuan bangsa ini. "Saya harap pemerintah memikirkan lebih matang lagi akan rencana penghapusan pelajaran Bahasa Inggris pada kurikulum SD," tegasnya.

Pernyataan tersebut terlontar setelah beredarnya informasi akan perampingan kurikulum di SD serta ada rencana penghapusan mata pelajaran Bahasa Inggris pada pada kurikulum SD tahun ajaran 2013/2014.[jul]


Anda sedang membaca artikel tentang

Bahasa Inggris Cukup Hanya Sebagai Stimulus di SD

Dengan url

http://pendidikanseo.blogspot.com/2012/10/bahasa-inggris-cukup-hanya-sebagai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bahasa Inggris Cukup Hanya Sebagai Stimulus di SD

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bahasa Inggris Cukup Hanya Sebagai Stimulus di SD

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger