TBM Jabar Roadshow 'Gerebek Taman Baca'

Written By Unknown on Kamis, 18 Oktober 2012 | 18.27

INILAH.COM, Bandung - Guna mengakomodasi Taman Baca Masyarakat (TMB), Gubernur TBM Jabar Heni Rohaeni menggalakkan kegiatan 'Gerebek TBM'.

"Sambil melakukan pendataan TBM di Jabar saat ini kami tengah melakukan kegiatan Gerebek TBM. Roadshow yang kami lakukan ini saat ini setidaknya baru berjalan di 14 kabupaten/kota, yang nantinya akan berlanjut ke wilayah lainnya di Jabar," kata kata Heni saat ditemui INILAH.COM di kantornya TBM Melati Panghegar Ujung Berung Kota Bandung, Kamis (18/10/2012).

Berdasarkan hasil roadshow tersebut, lanjutnya, jumlah TBM wilayah masih belum merata di setiap daerah. "Jumlahnya rata-rata sekitar 20 sampai 40 TBM di setiap daerah, meski tergolong banyak tapi hal tersebut kebanyakan hanya fokus di satu titik dan tidak menyentuh desa-desa terpencil. Padahal idealnya setiap desa satu memiliki TBM," paparnya.

Heni berjanji bersama dengan pihak Dinas Pendidikan Jabar akan segera membenahi hal tersebut. Karena dengan dilakukan pendataan serta penataan dengan baik, melalui tangan pemerintah pendistribusian buku dan pengembangan TBM akan berjalan maksimal.

"Setidaknya dalam setiap tahunnya, pemerintah pusat terdapat program dana rintisan taman bacaan masyarakat yang diberikan sekitar Rp25-30 juta, ditambah dana kelembagaan sekitar Rp7 juta," ucapnya.

Dia mengemukakan setiap TBM berhak menerima dana tersebut, namun melalui pengajuan proposal. "Dan bagi penerima dana tersebut, haruslah melakukan pertanggungjawaban kepada publik," ujar dia.

Namun, pada realisasinya banyak TBM yang menolak melakukan hal tersebut. Mereka lebih memilih berjalan secara mandiri tanpa bantuan pemerintah.

Dia menambahkan hal tersebut bukanlah menjadi masalah, karena pada dasarnya semuanya memiliki tujuan yang positif dalam mewujudkan generasi bangsa yang berkualitas, terlebih melalui menumbuhkan gemar membaca terhadap masyarakat.[jul]


Anda sedang membaca artikel tentang

TBM Jabar Roadshow 'Gerebek Taman Baca'

Dengan url

http://pendidikanseo.blogspot.com/2012/10/tbm-jabar-roadshow-gerebek-taman-baca.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

TBM Jabar Roadshow 'Gerebek Taman Baca'

namun jangan lupa untuk meletakkan link

TBM Jabar Roadshow 'Gerebek Taman Baca'

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger