Mahasisa UIN Tolak Perubahan Prodi

Written By Unknown on Senin, 05 November 2012 | 18.27


INILAH.COM, Bandung - Program Studi(Prodi) Jurnalistik dan Hubungan Masyarakat (Humas) di Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung, akan dilebur dengan Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).

Perubahan itu berdasar kepada Peraturan Direktur Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama tentang penataan progam studi (prodi) di Perguruan Tinggi Islam, Nomor: 1429 tahun 2012. Mulai awal September 2012, Prodi Jurnalistik dan Hubungan Masyarakat (Humas) akan berubah nama menjadi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).

Peraturan mulai berlaku sejak ditetapkannya penataan prodi, pada 31 Agustus 2012 oleh Dirjen Pendidikan Islam Nur Syam. Dengan mencuatnya peraturan itu, langsung menimbulkan respon dari mahasiwa dari kedua prodi tersebut. Ketua Jurusan Himpunan Mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung Septian Rahmat Guntara (21), mengaku tidak rela jika prodi yang di tempatinya harus berubah nama.

"Dengan keluarnya peraturan tersebut, secara otomatis Jurusan Ilmu Komunikasi (Ilkom) UIN Bandung yang membawahi prodi Jurnalistik dan Humas akan dihapus serta kedua jurusan ini akan berganti nama berdasarkan aturan itu. Secara tegas kami menolak tentang perubahan nama tersebut," kata Septian saat ditemui di Jalan A.H. Nasution Kota Bandung, Senin (5/11/2012).

Menurut dia, penghahupas Ilkom tersebut sangatlah merugikan bagi mahasiswa, terlebih terkait gelar yang akan diraihnya. "Sebelumnya Jurnalistik dan Humas lulusannya mendapatkan gelas Sarjana Sosial (S.Sos). Sedangkan jika dirubah, gelar tersebut bisa menjadi Sarjana Komunikasi Islam (S.Kom.I) atau Sarjana Dakwah (S.Dak)," ungkapnya.

Sementara itu kekecewaan yang sama juga dilontarkan Ketua Himpunan Mahasiswa Humas Daris Salam, atas keluarnya aturan tersebut. "Jika sampai benar terjadi demikian, tentunya akan lebih mempersempit lapangan kerja bagi lulusan Ilkom. Mengingat saat ini, para lulusan Ilkom mulai diperhitungakan oleh berbagai perusahaan," paparnya.[tan]


Anda sedang membaca artikel tentang

Mahasisa UIN Tolak Perubahan Prodi

Dengan url

http://pendidikanseo.blogspot.com/2012/11/mahasisa-uin-tolak-perubahan-prodi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mahasisa UIN Tolak Perubahan Prodi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mahasisa UIN Tolak Perubahan Prodi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger