Rektor ITB Minta Sarjana Junjung Tinggi Demokrasi

Written By Unknown on Jumat, 19 Oktober 2012 | 18.27

INILAH.COM, Bandung - Dalam sambutannya pada Wisuda angkatan ke-1 tahun akademik 2012/2013, Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka berpesan seorang sarjana harus menjadi warga negara yang menjunjung tinggi demokrasi.

Akhmaloka mengatakan untuk menjamin demokrasi membawa hasil yang baik dan adil, diperlukan kualitas yang baik dari seseorang, baik kualitas pengetahuan maupun kualitas moral.

"Seperti halnya ketika kalian mengikuti proses pembelajaran di ITB, kalian telah mempelajari prinsip-prinsip dasar iptek, serta berlatih menerapkan atau mengembangkan iptek. Dengan bekal tersebut, kalian memiliki kemampuan untuk mengenali dan memahami masalah-masalah baru, serta menggali peluang-peluang baru untuk menjawab masalah-masalah tersebut," kata Akhmaloka di hadapan para wisudawan ITB di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Ganesha) Jalan Tamansari Kota Bandung, Jumat (19/10/2012).

Dia mengemukakan pada dasarnya masalah yang hadir di dunia nyata pada umumnya berwatak multidimensional dan membutuhkan jawaban multiperspektif. Pendekatan demokratis lah yang diperlukan untuk menjawab persoalan seperti itu.

Maka dari itu, lanjutnya, diharapkan setelah ini wisudawan harus bersikap terbuka untuk berinteraksi dengan berbagai pihak, baik itu dari kalangan pemerintah, pengusaha, organisasi politik, para akedemisi maupun pihak-pihak lainnya.

Sebagaimana yang sering kali ditekankan, kata dia, keberadaan ITB merupakan untuk kemajuan bangsa dan kemajuan peradaban manusia. Untuk itu, ITB akan terus memperluas dan memperkuat peranannnya dalam pembangunan bangsa dengan cara mengintegrasikan penegembangan ipteks ke dalam pembangunan bangsa.

"Dengan adanya segenap alumni ITB, para insan iptek yang lahir dari ITB, mereka adalah unsur yang sangat penting bagi perluasan serta penguatan peranan ITB dalam memajukan bangsa," paparnya.

Dia menambahkan demokrasi bukanlah hal yang langka di ITB. Namun demikian, ITB tetap masih perlu berbenah dan melakukan pengembangan-pengembangan agar menjadi sebuah 'labolatoriun demokrasi' yang efektif serta berpengaruh luas. Selain itu demokrasi diperlukan bagi pengembangan iptek yang berkelanjutan. Sebaliknya, iptek juga penting bagi realisasi demokrasi yang berkualitas.[jul]


Anda sedang membaca artikel tentang

Rektor ITB Minta Sarjana Junjung Tinggi Demokrasi

Dengan url

http://pendidikanseo.blogspot.com/2012/10/rektor-itb-minta-sarjana-junjung-tinggi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rektor ITB Minta Sarjana Junjung Tinggi Demokrasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rektor ITB Minta Sarjana Junjung Tinggi Demokrasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger