Jovi, Kampanyekan Buah Lokal Lewat Animasi

Written By Unknown on Rabu, 31 Oktober 2012 | 18.27

INILAH.COM, Bandung - Melalui progam animasi scratch, Jovidia Laviosa membuat penggambaran asal usul buah dan dilombakan dalam ajang INAICTA 2011 tingkat nasional.

Jovi mengatakan progam tersebut ditujukan buat masyarakat terlebih anak-anak yang tidak suka dengan buah terutamanya buah lokal.

"Alhamdulillah, dalam kompetisi tersebut saya mendapatkan juara pertama," Kata Jovi saat ditemui wartawan di Auditorium Campus Center Timur ITB, usai acara 'Kontribusi Sains Dan Teknologi, Dalam Mengangkat Citra Buah Lokal', Rabu (31/10/2012).

Dengan tema 'Anak Sehat Makan Buah Lokal' bocah yang hobi bermain komputer tersebut membuat karyanya dalam kurun waktu satu bulan. "Ide munculnya animasi ini berawal dari adik saya yang kurang suka makan buah, maka terwujudlah animasi ini," ungkapnya.

Dia mengaku animasi yang dibuatnya tersebut dikerjakan sendiri tanpa bantuan siapapun, selain kursus animasi yang diikutinya. "Mulai dari pembuatan gambar sampai dengan suara semuanya saya kerjakan sendiri, jadi karya ini original buatan saya," ucapnya.

Namun di lain pihak, Jovi mengaku sempat mengalami kesulitan dalam hal penggambaran ide. "Situasi tersulit saat itu adaah dalam pembuatan naskah yang akan dituangkan dalam animasi, butuh waktu berhari-hari sehingga ide tersebut tertuangkan," tuturnya.

Smentara itu, berdasarkan pantauan INILAH.COM, animasi yang dibuat siwa sekolah SD Mutira Bunda itu tergolong unik. Di sana terlukiskan asal usul buah-buahan yang berasal dari pohon. "Aku pohon, dari sini aku dapat mengeluarkan buah," kata pohon yang disuarakan oleh Jovi dalam animasi buatannya.

Selanjuntnya, terdapat pula berbagai macam buah-buahan serta penjelasan singkat akan kandungan dalam buah-buahan tersebut. Dalam keterangan pada animasi tersebut dijelaskan buah-buahan banyak mengandung vitamin serta manfaatnya.

Sementara itu, sempat digambarkan pula tentang buah yang dimakan ulat saat panen. "Aku sering dimakan ulat saat musim panen, maka jagalah aku."

Jovi menjelaskan melalui animasi ini dirinya hendak menyampaikan bahwa buah-buahan dalam negeri (lokal) itu tidak kalah dengan luar negeri (impor). "Kandungan vitamin yang dimiliki buah lokal maupun impor, itu sama aja. Meski untuk harga lebih mahal buah lokal," cetusnya.

Dia berpesan untuk itu diharapkan masyarakat lebih mencintai buah-buahan dalam negeri sendiri.[jul]


Anda sedang membaca artikel tentang

Jovi, Kampanyekan Buah Lokal Lewat Animasi

Dengan url

http://pendidikanseo.blogspot.com/2012/10/jovi-kampanyekan-buah-lokal-lewat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jovi, Kampanyekan Buah Lokal Lewat Animasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jovi, Kampanyekan Buah Lokal Lewat Animasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger