Banyak Penjualan Buku di Sekolah, DPRD Berang

Written By Unknown on Senin, 22 Oktober 2012 | 18.27

INILAH.COM, Bandung - Banyaknya penjualan buku berisi soal-soal dan jawaban di sekolah dasar di Kota Bandung, membuat Komisi D DPRD Kota Bandung berang dan meminta Disdik menelusuri serta menindak tegas oknum guru yang memperjualbelikan buku di sekolah.

Adanya praktik jual beli buku di sekolah itu sangat bertentangan dengan ketentuan sekolah gratis yang diprogramkan oleh pemerintah.

Anggota Komisi D DPRD Kota Bandung Deni Rudiana mengaku mendapatkan keluhan dari masyarakat terkait praktik jual beli buku soal dan jawaban di sekolah. Dari laporan yang masuk buku itu dijual dari harga Rp150 ribu hingga Rp200 ribu per bukunya.

"Setelah mendapatkan instruksi dari ketua komisi, kita langsung terjun dan mengecek kebenarannya. Alhasil tidak hanya di satu sekolah, tapi hampir di setiap SD, terlebih sekolah favorit," katanya kepada wartawan di sela-sela launching Kampung Kreatif Langitan di RW 04 Kelurahan Situsaeur Kecamatan Bojongloa Kidul, Minggu (21/10/2012).

Deni mengaku memiliki bundelan atau buku yang diperjualbelikan kepada para murid dari kelas satu hingga kelas enam tersebut. Buku atau bundelan tersebut merupakan buku mata pelajaran IPA, Matematika, yang berisikan soal dan jawaban.

Buku ini muncul, menurut Deni, karena adanya kegelisahan orang tua akan buku BOS (bantuan operasional sekolah) dan materi yang diberikan guru terbatas. Jadi terpaksa orang tua membeli buku tersebut, dan disinyalir penjualan itu ada kerja sama dengan penerbit.

"Ini pelanggaran. Kan diatur di undang-undang pendidikan gartis tingkat dasar. Apalagi dana BOS ini kan ini untuk meng-cover keperluan sekoah, belum lagi gurunya diberi tunjangan sertifikasi," terangnya.

Makanya, Disdik harus segera menindak tegas oknum guru yang melakukan praktik jual-beli. Kalau masih butuh buku BOS, lanjutnya, tinggal bilang ke Disdik.

Pihaknya, kata Deni, sudah menyampaikan masalah ini pada Disdik Kota Bandung. Namun sepertinya Disdik melakukan pembiaran karena belum ada tindakan. Padahal, jual beli buku ini tidak boleh dilakukan dan melanggar aturan dan ini harus segera ditindak.[jul]


Anda sedang membaca artikel tentang

Banyak Penjualan Buku di Sekolah, DPRD Berang

Dengan url

http://pendidikanseo.blogspot.com/2012/10/banyak-penjualan-buku-di-sekolah-dprd.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Banyak Penjualan Buku di Sekolah, DPRD Berang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Banyak Penjualan Buku di Sekolah, DPRD Berang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger