SMK 2 Kota Bekasi Ciptakan Mesin Pembuat Batik

Written By Unknown on Selasa, 13 November 2012 | 18.27

INILAH.COM, Cirebon - SMK 2 Kota Bekasi mampu menciptakan sebuah mesin yang mampu membentruk pola batik. Mesin tersebut bisa menghasilkan 5-6 buah pola batik dibanding dengfan cara manual yang hanya menghasilkan hingga 2 pola batik.

Wakil Kepala Sekolah SMK 2 Kota Bekasi, Rebo bersama beberapa siswanya, dengan bangga memperlihatkan hasil karyanya pada kegiatan Epitec (Expo Pendidikan dan Teknologi) ke 7 tingkat Jabar di stadion Bima Jalan Jenderal Sudarsono Kota Cirebon, Selasa (12/11/2012) pagi.

"Proses pembuatan mesin ini memadukan tiga jurusan program keahlian. Yakni, mesin, elektro, dan jurusan rekayasa perangkat lunak. Kemudian disatukan dalam sebuah karya hingga menghasilkan bentuk ini," kata Rebo seraya menunjukan mesin pembentuk pola batik itu.

Rebo menambahkan, untuk pembuatan 1 unit membutuhkan sekitar tiga minggu. Pengerjaan dilakukan oleh sembilan siswa siswi dari tiga jurusan tersebut. Ia mengaku, pembuatan dilakukan sejak 2008 hingga 2012 ini dan sudah menghasilkan sebanyak 15 unit.

"Cara kerjanya, pembatik membuat gambar atau pola melalui komputer, kemudian gambar itu ditransfer ke mesin, dan mesin itu mencetaknya," tuturnya.

Untuk ukuran kecil, pihaknya biasa menjual seharga Rp85 juta, dan sudah dipasarkan ke beberapa daerah. Seperti Tegal, Bali, Lampung, DKI Jakarta, dan Blitar. Mayoritas pembeli berasal dari perajin batik dan sudah ada dua kelompok pembatik asal Cirebon yang telah menggunakan hasil karya anak didik SMKN 2 Kota Bekasi.[ang]


Anda sedang membaca artikel tentang

SMK 2 Kota Bekasi Ciptakan Mesin Pembuat Batik

Dengan url

http://pendidikanseo.blogspot.com/2012/11/smk-2-kota-bekasi-ciptakan-mesin.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

SMK 2 Kota Bekasi Ciptakan Mesin Pembuat Batik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

SMK 2 Kota Bekasi Ciptakan Mesin Pembuat Batik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger