Pemotongan Hewan Kurban Banyak Dilakukan Hari Ini

Written By Unknown on Senin, 29 Oktober 2012 | 18.27

INILAH.COM, Bogor - Dinas Pertanian Kota Bogor, Jawa Barat, menerjunkan 134 tim pemeriksan dan pendamping pada proses pemotongan hewan kurban di sejumlah kecamatan dan dewan kemakmuran masjid yang ada di wilayah Bogor.

"Tim kami kerahkan ke sejumlah tempat pemotongan hewan kurban, khususnya tempat yang mayoritas pemotongan banyak dilakukan," kata Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Bogor, Robert Hasibuan, di Bogor, Sabtu.

Robert mengatakan, tim terdiri dari gabungan sejumlah instansi yakni 120 mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan IPB, 17 tim dari pusat, 15 orang dari Dinas Pertanian setempat dan dua orang dari Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat.

Seluruh anggota tim pengawas hewan kurban, mengawasi proses pemotongan hewan kurban hingga penanganannya sebelum dibagikan kepada masyarakat.

Petugas juga menyosialisasikan tata cara penyembelihan hewan kurban yang baik dan benar serta sesuai dengan syariat Islam. Setelah itu, petugas juga membantu menangani proses pembagian daging kurban, dan memastikan kondisi daging kurban yang telah disembelih layak konsumsi.

"Pengawasan ini dilakukan dengan tujuan agar daging hewan kurban yang akan dibagikan terjamin kualitas kebersihan dan kesehatannya," katanya.

Ia mengatakan, usai pemotongan dilakukan, petugas melakukan pemeriksaan postmortem, guna memastikan kondisi sapi sehat dan layak konsumsi. Seperti memeriksa hati dan bagian dalam hewan agar tidak mengandung penyakit seperti cacing hati.

Selain pemeriksaan pada pelaksanaan pemotongan, pemeriksaan juga sudah dilakukan jauh hari sebelum hari Raya Idul Adha 1433 H. Pemeriksaan meliputi antimortem. Di mana hewan kurban yang beredar di pedagang diperiksa untuk mengetahui kondisi kesehatan sapi sebelum dijual kemasyarakat.

Usai diperiksa, hewan kurban diberikan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) yang dikeluarkan oleh Dinas Pertanian setempat, sebagai tanda hewan layak dan sehat.

Robert mengatakan, dari hasil pengawasan dan pemeriksaan dilakukan pihaknya, tidak ditemukan adanya gangguan kesehatan pada hewan kurban di Kota Bogor.

"Dari hasil pemeriksaan, kualitas hewan kurban di Kota Bogor layak jual, sehat dan aman, tidak ada penyakit antrak dan penyakit sapi lainnya," katanya.

Sementara itu, proses pemotongan hewan kurban di Kota Bogor banyak dilakukan Sabtu ini. Karena pada hari Raya Idul Adha yang jatuh dihari Jumat (26/10) tidak optimal dilakukan pemotongan karena waktunya yang singkat sehingga banyak yang memiliki melakukan penyembelihan hari ini.[ito]


Anda sedang membaca artikel tentang

Pemotongan Hewan Kurban Banyak Dilakukan Hari Ini

Dengan url

http://pendidikanseo.blogspot.com/2012/10/pemotongan-hewan-kurban-banyak_29.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pemotongan Hewan Kurban Banyak Dilakukan Hari Ini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pemotongan Hewan Kurban Banyak Dilakukan Hari Ini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger