Kuliah di UPI Tak Harus Jadi Guru

Written By Unknown on Rabu, 10 Oktober 2012 | 18.27

INILAH.COM, Bandung - Pemahaman masyarakat terkait Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mulai berubah. Kini, Kuliah di UPI tidak serta merta menjadi seorang pendidik atau guru. Hal tersebut diungkapkan Kepala Humas UPI, Suwatno.

"Mindset masyarakat saat ini terhadap UPI, mulai berubah. Mereka sudah berani beranggapan, lulusan UPI tidak harus menjadi guru," ujar Suwatno saat ditemui INILAH.COM, Rabu (10/10/2012).

Lebih lanjut Suwatno menjelaskan, kondisi tersebut terlihat saat pihaknya melakukan sosialisasi universitas ke siswa kelas XII di SMA-SMA Kota Bandung. Saat itu, ujar Suwatno, banyak pelajar SMA yang menanyakan prospek lulusan UPI.

Sejak berubah menjadi universitas pada tahun 1999, lanjutnya, UPI telah memiliki program studi non-kependidikan. Seperti, Psikologi Ilmu Komputer, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan Teknik Elektro.

"Ada sekitar 12% prodi non kependidikan di UPI dari total sekitar 67 prodi di 7 Fakultas. Dan untuk gelar prodi non kependidikan sendiri berbeda dengan prodi kependidikan karena kurikulum yang disiapkannya pun beda," jelasnya.

Sedangkan untuk UPI kampus Daerah, masih mengkhususkan diri mendidik calon-calon guru untuk tingkat Sekolah Dasar atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Seperti UPI Kampus Sumedang yang khusus mendidik guru olahraga SD.

Terkait lulusan UPI yang terserap dunia kerja di bidang non pendidikan, Suwatno mengaku belum mengetahui jumlahnya secara pasti. Meski demikian, beberapa alumni UPI sendiri telah banyak yang mengabdikan diri di dunia kerja non kependidikan. Baik di bank, perusahaan swasta atau di instansi pemerintahan.

"Kalau dari prosentase, yang bekerja di dunia kependidikan masih mendominasi. Tapi yang pasti, lulusan UPI saat ini tidak seluruhnya terserap menjadi tenaga kependidikan atau guru," tandasya.[ang]


Anda sedang membaca artikel tentang

Kuliah di UPI Tak Harus Jadi Guru

Dengan url

http://pendidikanseo.blogspot.com/2012/10/kuliah-di-upi-tak-harus-jadi-guru.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kuliah di UPI Tak Harus Jadi Guru

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kuliah di UPI Tak Harus Jadi Guru

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger