Kemampuan Menata-Menilai Berkas Mulai Terabaikan

Written By Unknown on Senin, 22 Oktober 2012 | 18.27

INILAH.COM, Bandung - Widyaiswara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Gunawan Aribowo menilai dalam sitem pembelajaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terdapat satu kemampuan yang sering diabaikan, yakni kemampuan menata dan menilai berkas.

Hal tersebut dikatakan Gunawan saat ditemui wartawan di sela-sela acara 'Seminar dan Workshop Kearsipan' di Gedung Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Setiabudhi Bandung, Senin (22/10/2012).

"SMK yang mempersiapkan siwa-siswinya untuk melakukan keahlian, yang salah satunya adalah dalam bidang administrasi perkantoran. Namun terkait dengan keahlian menata dan menilai berkas saat ini mulai diabaikan," kata Gunawan.

Gunawan mengatakan dalam konteks pembelajaran administrasi perkantoran, dua kemampuan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan oleh kemampuan-kemapuan teknis lainnya. Akan tetapi pada kenyatannya, seorang tata usaha atau sekretaris sering mengabaikan kemampuan ini.

Dia menjelaskan mereka lebih suka menata berkas atau surat berdasarkan surat masuk dan keluar, hal itu terlihat dari odner-odner yang mereka simpan. "Cara penataan berkas seperti itu, pada dasarnya mudah ketika mencatatnya ke dalam buku agenda, mudah menyimpan berdasarkan surat masuk dan keluar, akan tetapi susah ketika akan dicari atau ditemukan kembali," terangnnya.

Di era reformasi dan transparansi seperti saat ini, lanjutnya, tuntutan keterbukaan terhadap arsip yang disimpan menjadi besar. Oleh karena itu, tata usaha atau sekretaris bukan saja pandai menata berkas, tetapi juga harus mampu melakukan penilaian arsip.

Dia menambahkan prisnsipnya adalah setiap mata pelajaran kearsipan dapat diselipkan atau diakhiri dengan kegiatan praktek, kecuali beberapa mata pembelajaran yang kebanyakan teori yang tidak diakhiri dengan praktek, seperti sejarah kearsipan, filasafat kearsipan dan sebagainya.

"Untuk dapat mengidentifikasi teori dan praktik apa saja yang dapat diberikan pada siswa, perlu kiranya terdapat rancangan kurikulum mata
pelajaran kearsipan yang memadai," tandasnya.[jul]


Anda sedang membaca artikel tentang

Kemampuan Menata-Menilai Berkas Mulai Terabaikan

Dengan url

http://pendidikanseo.blogspot.com/2012/10/kemampuan-menata-menilai-berkas-mulai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kemampuan Menata-Menilai Berkas Mulai Terabaikan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kemampuan Menata-Menilai Berkas Mulai Terabaikan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger